Kota Batam Dan Hal Yang Membuatnya Istimewa


Kota Batam merupakan kota besar yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Walaupun luasnya hanya 715 km persegi, kota ini ternyata memiliki sejumlah keistimewaan yang tidak dimiliki kota lain di Indonesia. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Letak Yang Strategis

Letak Batam dan Singapore

Posisi Kota Batam yang langsung berhadapan dengan Singapura ini memang sangat strategis. Hanya terpisah oleh Selat Singapura yang lebarnya sekitar 16 kilometer. Dengan mata biasa saja kamu sudah bisa melihat gedung - gedung tinggi di Singapura dari Batam. Keren kan?

Selain itu, karena berdekatan dengan Singapura dan Malaysia, Batam memiliki 5 buah pelabuhan internasional. Maka jangan heran jika warga Batam sering liburan ke Singapura atau Malaysia saat akhir pekan. Atau sebaliknya, warga Singapura dan Malaysia yang berakhir pekan di Batam. Hanya 45 menit naik ferry ke Singapura dan 1,5 jam ke Johor, Malaysia. Pakai paspor tapi. Hehe.

2. Dualisme Kepemerintahan

Dualisme Pemko Batam Dan BP Batam

Kalau di kota lain hanya ada Pemerintah Kota yang berkuasa, tetapi Batam sedikit berbeda. Selain Pemko (Pemerintah Kota), Batam juga punya BP Batam (Badan Pengusahaan Batam) yang juga punya wewenang di Kota Batam.

Jadi sederhananya Pemko memiliki fungsi administratif dan kependudukan sedangkan BP Batam memiliki fungsi pengelola lahan dan Penanaman Modal. Misal, Pemko mau bangun sekolah harus dapat izin lahan dari BP Batam. Namun sayangnya belakangan malah terjadi tumpang tindih kewenangan.

3. Lahan Hanya Hak Guna Pakai


Mirip seperti di Singapura. Lahan di Batam sepenuhnya dikuasai oleh BP Batam. Tak ada hak milik, yang ada hanya Hak Guna Pakai. Kecuali Kampung Tua. Jadi selain bayar PBB, warga Batam juga membayarkan 'uang sewa' lahan kepada BP Batam. Biasanya per 10, 20, 30 sampai 60 tahun.

4. Listrik Dan Air Dikelola Swasta

Listrik Dan Air Batam Dikelola Swasta

Bagi yang belum tau, listrik dan air Batam ternyata dikelola oleh perusahaan swasta. Untuk pelayanan listrik ada PT. PLN Batam. Bukan Perusahaan Listrik Negara (PLN) tapi Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Batam dengan branding bright seperti diatas. Statusnya swasta.

Sedangkan pelayanan air bersih dikelola oleh PT. Aditya Tirta Batam (ATB). Swasta juga dengan perjanjian konsesi dibawah BP Batam. Jadi semuanya serba swasta.

4. Bandara Dengan Runway Terpanjang Se-Indonesia

Bandara Hang Nadim Dengan Runway Terpanjang Se Indonesia

Batam juga memiliki Hang Nadim International Airport yang memiliki landas pacu (Runway) terpanjang se-Indonesia dan kedua di Asia Tenggara setelah Bandara KLIA, Kuala Lumpur, Malaysia. Panjangnya 4.025 meter. Dengan panjang segitu pesawat berbadan besar jenis Boeing 747, 767, 777 maupun Airbus A380 bisa ditampung semua.

5. Siaran TV dan Radio Luar Negeri

Siaran TV 3 di Batam

Sangking dekatnya dengan Singapura dan Malaysia, kita di Batam bisa nonton channel dan dengar radio luar negeri tiap hari. Dan semuanya tanpa bantuan alat khusus ataupun harus berlangganan. Asyik kan.

6. Kena Roaming

Roaming di Batam

Coba sesekali kamu jalan ke daerah Nongsa di Batam. Saat kamu istirahat menikmati pantai tiba tiba masuk sebuah sms pemberitahuan bahwa kamu sudah memasuki wilayah roaming internasional.

Sekejap operator di layar handphone berubah ke operator luar. Otomatis kamu akan susah untuk berkomunikasi karena kena roaming. Hehe.

---

Itulah sejumlah keunikan dan keistimewaan Kota Batam. Masih banyak lagi hal tentang Batam yang menarik. Tunggu saja di artikel - artikel selanjutnya.